Sabtu, 30 Mei 2009

REPORTASE "Fahri Junaidi"

Nama: Fahri Junaidi, S.H.
TTL: Bekasi, 05 Juli 1980
Jabatan: Guru Bidang Studi PKn SMP-SMA Taman Harapan 2


Bangaimana menurut Bapak perkembangan remaja pada jaman sekarang jika dilihat dari kacamata Islam ?

Perkembangan remaja sekarang ini tergantung dari sudut mana kita memandangnya. Suatu perkembangan pasti ada dua hal, positif dan negatif. Yang perlu dipahami oleh remaja saat ini adalah pondasi hidup atas dasar (fundamental) manusia hidup di dunia. Pondasi hidup kita ya so pasti ISLAM. Maksudnya dasar kita dalam bertingkah laku, berpikir, dan bersikap tentu berdasarkan nilai-nilai Islami, karena dalam Islam sudah sangat jelas mengatur tata cara hidup yang berdasarkan nilai-nilai Islami (berdasarkan al-Quran dan as-Sunnah). Sudah barang tentu nilai-nilai Islami inilah yang perlu remaja jadikan sebagai pondasi hidup.

Apa masukan/saran Bapak untuk para remaja saat ini?

Masukan dari saya, “SUKSES”, kata sukses sudah sering kalian baca, ucapkan dan dengarkan. Sebenarnya ada tiga kunci sukses: 1) sukses perencanaan; 2) sukses pelaksanan; dan 3) sukses hasil.

Remaja saat ini sangat kurang memahami ketiga hal ini. Kebanyakan remaja hanya memahami yang nomor tiga yaitu sukses hasil. Ia ingin nilai bagus, hasilnya bagus, ranking bagus, juara kelas, dsb. Tapi untuk sukses hasil bagaimana caranya dia kurang memahami sebenarnya untuk sukses hasil yang sangat diperlukan adalah perencanaan yang matang atau sukses prencanan. Perencaan mempunyai fungsi merancang agar pada saat pelaksanaan dapat berjalan dengan baik agar hasilnya pun baik.

Kesimpulannya, saat ini adalah saatnya untuk memusatkan pemikiran kita bahwa tingkah laku, sikap dan pemikiran kita sebagai remaja adalah nilai-nilai Islami yang bersumber dari al-Quran dan as-Sunnah. Selain itu, dalam menjalani hidup agar dapat berhasil dengan sangat baik dibutuhkan tiga hal kesuksesan, yaitu: sukses dalam perencanaan, sukses dalam pelaksanaan, dan sukses dalam hasil. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates